Tuesday 10 October 2017

Wirausaha Baru Jawa Barat

Hallo,,,

Sudah lama tidak menulis membuat saya rindu untuk kembali bercerita, karena saat ini selain sibuk kerja saya juga sedang fokus mengembangkan KRAVITAVI, sehingga keseharian saya selain diisi dengan pekerjaan kantor,  saya juga sedang sangat haus akan ilmu berwirausaha. Untuk saat ini, selain rajin baca buku mengenai wirausaha, saya juga mulai mencoba bergabung dengan komunitas pengusaha online dan ikut training-training mengenai kewirausahaan.

Nah, kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai program pemerintah Wirausaha baru JABAR atau yang biasa disingkat WUB. Awal saya mendapatkan info mengenai WUB dari teman kantor yang sudah daftar terlebih dahulu, tepatnya pada tanggal 19-21 Juli 2016. WUB ini merupakan training tentang kewirausahaan  pertama yang pernah saya ikuti,. sama sekali tidak dipungut biaya dan persyaratannya sangat mudah. para peserta WUB rata-rata adalah para pengusaha kecil menengah yang baru beberapa tahun mengembangkan bisnis atau baru memulai bisnis. 


Sebagai wirausahawati yang masih hijau, saya merasa sangat terbantu dengan adanya program pemerintah ini, karena para peserta dibekali ilmu-ilmu yang bermanfaat tentang berwirausaha baik dari praktisi dan akademisi yang kompeten dibidangnya. Selain itu, tidak perlu khawatir mencari makan saat jam istirahat, karena semua peserta disediakan makan berat sebanyak 3 kali dalam sehari, lumayan kan hehehe


Selain ilmu yang bermanfaat, menurut saya kerennya ikut WUB adalah menambah koneksi pertemanan sesama pengusaha yang lebih luas, jangan salah, walaupun pengusaha baru, teman saya yang baru menjalani bisnis karpet selama satu tahun, omset pertahunnya mencapai ratusan juta, amazing yaaa. Dan yang saya syukuri setelah ikut WUB, kita juga mendapat informasi yang bermanfaat yang menunjang bisnis kita, seperti pendaftaran HKI secara gratis. Saya tidak melewatkan kesempatan ini, karena setahun sebelumnya, suami mendaftarkan hak paten merk melalui jasa konsultan, dan harganya tidaklah murah, jadi siapa yang tidak mau mendaftarkan merknya secara resmi dengan gratis? ☺☺


Pada pelatihan hari ketiga atau hari terakhir, kami diajak untuk mengunjungi tempat produksi Batik Komar didaerah Dago, di tempat ini kita bisa melihat secara langsung proses produksi batik dari awal hingga akhir, tidak lupa Pak Komar memberikan motivasi untuk kami semua, senang sekali dapat bertemu Pak Komar secara langsung, walapun sudah sukses, ternyata Pak Komar sangat rendah hati dan tidak pelit berbagi ilmu, Terima kasih Pak Komar ☺


Bersama Pak Komar

Shibotik yang Indah dipandang


Melihat proses membatik menggunakan cap







Serunya saat kunjungan ini, kita dapat mencoba membatik secara langsung menggunakan canting atau cap dengan bantuan mas-mas atau mba-mba yang bekerja disana dengan ramah. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk membatik yang diwarnai dan dijemur pada hari yang sama, sehingga hasilnya dapat dibawa pulang.

Belajar membatik menggunakan canting

Mendapat kesempatan mengikuti WUB sangat saya syukuri, selain medapat ilmu tentang kewirausahaan, mendapatkan pengalaman berharga dan bertemu teman-teman baru sesama pengusaha yang tetap terjalin walaupun program WUB telah selesai kami ikuti. Hal ini mebuat saya yang saat ini masih berstatus pegawai merasa mendapatkan teman satu perjuangan.


Bersama teman-teman satu kelas

WUB merupakan pembuka kesempatan bagi saya untuk mengenal dunia wirausaha lebih mendalam. diikuti dengan terbukanya kesempatan - kesempatan baru untuk KRAVITAVI. Terima kasih WUB ☺

No comments:

Post a Comment