Sunday 15 September 2013

Google sketch up

Sebaiknya kita tidak menerima pekerjaan jika memang tidak memiliki capability dalam mengerjakannya.

Suatu hari, teman saya menawari saya pekerjaan sampingan, pekerjaannya membuat layout counter suatu brand, yang harus saya kerjakan yaitu denah tampak atas, desain backwall dan gambar 3 dimensi. Untuk dua layout pertama saya bisa mengerjakannya menggunakan program corel, untuk gambar 3 dimensi harus menggunakan program google sketch up, saya pernah mendengar tentang program ini, dan katanya sih cukup gampang.

Tergiur uang tambahan sayapun menyanggupinya. Karena masih awam tentang google sketch up, saya bertanya sekilas mengenai dasar-dasar google sketch up kepada teman saya yang sudah bisa dan sepertinya sih mudah. Sepulang kerja saya mulai mengerjakan, dua layout pertama saya bisa menyelesaikannya dengan mudah, lalu saya mencoba google sketch up, ternyata agak sulit dikerjakan mengingat dikejar deadline besok hari dan saya tidak ada waktu untuk coba-coba.

Saya sangat menyesal malam itu kenapa menerima sesuatu diluar kemampuan saya, bermodalkan "kayanya gampang" saya nekad menerima tawaran itu, untuk menolaknya sudah sangat terlambat, mengingat keesokan harinya harus sudah saya kirimkan via email. Akhirnya saya begadang sampai jam 2 malam,  susah payah membuat layout dengan program yang belum pernah saya gunakan sebelumnya, sambil terus menyesali diri sendiri.

Akhirnya bisa saya selesaikan dengan hasil alakadarnya hehehe, dan bisa bernafas lega saat akhirnya bisa saya kirimkan gambarnya keesokan harinya. Untungnya sang klien tidak keberatan dengan gambar alakadarnya dari saya, dan mengirimkan email-email lanjutan untuk kerjasama selanjutnya. Setelah mempunyai cukup waktu untuk menggunakan dan belajar google sketch up, programnya memang sangat user friendly sebenarnya, hanya jadi tidak user friendly jika kita hanya punya waktu satu hari untuk menghasilkan gambar tanpa belajar sebelumnya dan stress dikejar-kejar deadline =))

Layout Google sketch up pertama saya =D

Beruntung waktu itu bisa saya selesaikan dan berlanjut dengan kerja sama berikutnya, kalau tidak saya malu sudah menyanggupi sesuatu padahal tidak bisa, merugikan orang lain pula. Lain kali kalau ada yang menawari suatu pekerjaan diluar kemampuan saya, akan saya tolak. Saya kapok, kapok stress semalaman =))

Sept 2013



2 comments:

  1. Nitaa... ini Patrice :D
    lempar sini aja Nit X) insya Allah gak diluar kemampuan gw hahaha
    btw, nice design. Sketchup emang gampang kok digunakan, apalagi kalo ada waktu buat ngulik, bisa bikin bentuk super rumit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patrice....apa kabarrrr hehehhe, iya waktu itu bener2 gabisa dan ga pernah pake hehehe sekarang uda mendingan hehehehe

      Delete